Jumat, 10 November 2017

Resensi Budaya

Keinginan saya untuk membuat blog resensi budaya sudah lama. Dengan nama resensi budaya banyak hal yang bisa diulas atau bisa diresensi, Karena pada dasarnya hidup adalah untuk menciptakan budaya, berkarya untuk kepentingan  manusia ke arah derajat yang lebih tinggi.

Meresensi merupakan kegiatan penilaian terhadap sebuah karya, sekaligus menginformasikan kepada pembaca tentang kelayakan sebuah karya tersebut.

Sedangkan budaya atau kebudayaan berasal dari kata Budi atau akal. Dapat juga dikatakan bahwa kebudayaan merupakan produk manusia yang diciptakan melalui pemikiran dan perenungan guna membantu manusia dalam mengembangkan kehidupannya ke arah yang lebih baik, lebih berbudaya.

Menurut Koentjaraningrat (1985), isi pokok kebudayaan terdiri dari tujuh unsur. Ketujuh unsur tersebut meliputi; kesenian, sistem teknologi dan peralatan, sistem organisasi masyarakat, bahasa, sistem mata pencaharian hidup dan ekonomi, sistem pengetahuan, dan sistem religi.

Berdasarkan pengertian resensi dan pengertian budaya tersebut, bahwa meresensi budaya sangat luas cakupannya. Materi (unsur-unsur budaya) apa saja dapat diulas, dapat diinformasikan kepada masyarakat sebagai bahan pertimbangan kelayakan sebuah hasil.

oleh : Abdul Azis

2 komentar: