Minggu, 12 November 2017

Cikar Transportasi Tempo Doeloe

Apakah cikar itu? 
Cikar adalah kendaraan pengangkut barang tempo dulu. Alat transportasi darat ini biasanya digunakan untuk mengangkut hasil panen, boyongan (pindah rumah), dan material bangunan seperti, bata, pasir, kapur dan batu.

Cikar adalah gerobak kayu beroda dua, yang ditarik dua ekor sapi. Dulu, waktu mobil masih langka, roda cikar terbuat dari kayu berlapiskan baja. Setelah mobil berseliweran di sana-sini, roba tersebut mulai diganti dengan ban mobil. Penggantian ini memang lebih banyak manfaatnya. Di samping beban bawaan terasa menjadi lebih ringan, waktu yang dibutuhkan pun menjadi lebih cepat.

Seiring dengan perkembangan jaman, cikar pun tergantikan oleh truk dan pick up. Lagi pula sekarang,  untuk memperoleh kendaraan bermotor cukup mudah. Cukup dengan uang lima juta untuk uang muka, kita sudah bisa mendapatkan mobil,
Mungkin, karena kondisi jalan semakin baik, untuk wilayah jawa sudah sangat sulit menemukan cikar. Foto yang saya peroleh ini, diambil anak saya ketika bekerja di perkebunan kelapa sawit, di Morowali Sulawesi Tengah. Cikar masih digunakan untuk mengangkut hasil panen kelapa sawit. Cikar digunakan, terutama pada musim penghujan. Di Morowali, cikar namanya 'roda', katanya. Kalau di Jawa Barat namanya Gorobag, tapi ditarik satu kuda.

oleh : Abdul Azis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar